Sejarah Desa

Asal-usul Nama Desa

Nama Desa Padelegan berdasarkan riwayat yang dikisahkan masyarakat setempat berasal dari kata Padhelengan yang dalam bahasa Jawa berarti tempat untuk melihat yaitu untuk melihat bulan untuk mengetahui waktu perhitungan bulan, yang sampai saat ini adalah untuk  menentukan waktu awal bulan Ramadhan dan Akhir Bulan Ramadhan ataupun awal tahun Hijriyah. Karena biasa digunakan dalam pengucapan di masyarakat kemudian kata “Padhelengan” menjadi “Padelegan”

Pembentukan Pemerintahan Desa

Belum ditemukan sumber terkait yang dapat menyatakan awal pembentukan pemerintahan desa padelegan.

Konon Berawal dari masyarakat yang berkelompok-kelompok dengan kepentingan dan kebutuhan yang beragam. Karena dalam satu wilayah maka masyarakat pada saat itu melakukan musyawarah untuk mengatasi masalah-masalah yang ada.

Seiring waktu munculah kebutuhan mempunyai seorang pemimpin yang dapat menyatukan kelompok-kelompok dan perbedaan yang ada di masyarakat tersebut dalam jalinan kesatuan kepentingan bersama masyarakat wilayah desa.

Kemudian dibentuklah pemusatan daerah sebagai titik kumpul untuk musyawarah, membahas masalah-masalah yang ada disekitar masyarakat. supaya terorganisir dan sebagai satu kesatuan wilayah. Sehingga masyarakat dapat terkonsentrasi dan mudah dalam penyampaian suatu masalah atau musyawarah terkait permasalahan di desa.